Select Page

stairs-450

Kontan Logo

[Download PDF KONTAN WEEKLY Sukses sebagai Agregat]

oleh Jennie M. Xue

Berapa kali Resolusi Tahun Baru Anda gagal di bulan Februari? Mungkin sudah terlalu sering untuk dihitung. Apa lagi yang tidak berhasil Anda capai dalam hidup? Menjadi tokoh terkenal? Menjadi trilyuner? Menyelesaikan kuliah S3?

Apabila Anda bersahabat dengan kegagalan, maka ada sesuatu yang perlu Anda ubah. Dan jangan mudah termakan pepatah “kegagalan adalah sukses yang tertunda.”

Pepatah ini tidak berguna apabila Anda punya dua hal. Pertama, tidak belajar dari kesalahan dengan analisis seksama. Kedua, tidak menyadari bahwa setiap sukses besar merupakan agregat jutaan sukses kecil.

Apa yang dimaksud dengan “analisis seksama” ketika belajar dari kesalahan?

Sebagai contoh, ketika Anda menerima nilai buruk dalam ujian, mungkin Anda berpikir ini karena “kurang belajar.” Padahal, untuk belajar yang efektif, perlu berbagai strategi. Evaluasi elemen-elemen apa yang telah dan belum terpenuhi.

Pertama, kenali learning style Anda (visual, auditori, kinestetik, membaca atau menulis).

Kedua, bangun suasana yang kondusif untuk fokus 100 persen (ruangan hening, suhu stabil sejuk, penerangan cukup, peralatan lengkap, dll).

Ketiga, kenali kondisi kesehatan Anda dengan berbagai optimasi fisik, psikis, dan emosi.

Keempat, strategi dalam menjalankan ujian multiple choice tanpa dan dengan soal-soal yang disampaikan secara auditif dan ujian esai dengan timer.

Kelima, bagaimana instruktur Anda menyampaikan materi? Atau Anda perlu belajar secara independen? Bagaimana kondisi ruang kelas dan kesehatan emosi instruktur di saat itu? Dan masih banyak lagi elemen lain.

Jadi, sebaiknya tidak cepat-cepat mengambil kesimpulan bahwa penyebab dari suatu kegagalan adalah ini dan itu. Banyak unsur yang dapat menggagalkan sesuatu.

Selama Anda masih berkutet dalam pola-pola lama, “kegagalan bukanlah sukses yang tertunda” namun “kegagalan adalah akibat dari pola-pola yang salah.”

Apa yang dimaksud dengan sukses besar merupakan agregat jutaan sukses kecil?

Setiap hari kita melakukan berbagai aktivitas dari pagi hingga malam. Dan setiap aktivitas yang telah diselesaikan merupakan satu sukses.

Misalnya, Anda menyelesaikan makan malam adalah satu sukses kecil bagi tubuh. Anda berangkat kerja pagi ini dan tiba di kantor dengan selamat adalah satu sukses kecil bagi karir. Anda menyelesaikan laporan keuangan kantor merupakan satu sukses menengah bagi karir. Di akhir tahun, Anda dipromosikan sebagai Kepala Cabang. Ini adalah sukses menengah yang cukup besar.

Setiap sukses kecil dan menengah sekalipun membutuhkan ratusan bahkan ribuan sukses sebelumnya yang bertahun-tahun kita jalankan. Tanpa satu momen terlewati, tidak dapat kita maju ke momen berikut.

Jadi, apabila Anda ingin mencapai Resolusi Tahun Baru, fokuslah kepada hal-hal kecil yang membentuk rangkaian sukses tersebut. Bentuk pola-pola yang mendukung pencapaian resolusi.

Misalnya, Anda ingin lebih sehat dan kekar dengan cara berlatih di sebuah gym. Apabila dijalankan dengan teratur seminggu 3 kali, harapan mestinya dapat menjadi kenyataan dalam satu tahun.

Bagi setiap tahun menjadi bulan, bulan menjadi minggu, dan minggu menjadi hari. Setiap hari semestinya membuahkan satu sukses kecil yang berarti dalam mencapai tujuan tubuh sehat dan kekar. Jika memungkinkan, bagi lagi dalam beberapa jam.

Penulis sendiri menilai “prestasi” setiap hari dalam bentuk berapa jam olah tubuh di gym dan berapa kata yang ditulis dalam buku dan artikel. Kuantifikasi prestasi merupakan salah satu cara termudah dalam meningkatkan kualitas hidup.

Dalam sukses hidup terbesar, misalnya mencapai puncak karir, puncak finansial, dan puncah nama besar di ruang publik, diperlukan berjuta-juta bahkan miliaran momen sukses kecil dan mungil. Setiap hari, ratusan momen sukses tersebut membentuk satu rangkaian yang semakin lama semakin kuat.

Sukses besar yang kasat mata merupakan agregat berjuta-juta sukses sebelumnya. Dan setiap tarikan nafas kita juga merupakan kesuksesan tubuh dalam mengolah oksigen dan beroperasi. Setiap momen merupakan momentum yang baik untuk mempertahankan setiap sukses yang pernah diraih.

Selamat beragregat.[]

KONTAN WEEKLY, 17-23 Oktober 2016

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pin It on Pinterest

Share This