Select Page
Kim Kardashian

Image Source: Wikipedia

Kontan Logo

[Download PDF KONTAN DAILY Publikasi Organik Kris Jenner]

oleh Jennie M. Xue

Bagi yang mengikuti seri televisi realitas Keeping Up with The Kardashians di saluran kabel atau kanal online, pasti kenal Kris Jenner alias “momager” atau “mommy manager” bagi anak-anaknya Kourtney, Kim, Khloe, Robert, Kendall, dan Kylie.

Bahkan kata “momager” kini telah dimasukkan sebagai salah satu kosa kata terbaru dalam Oxford Dictionary. Bukti besarnya pengaruh keluarga Kardashian-Jenner dalam membentuk kultur pop (pop culture) dunia.

Kim telah menikah dengan rapper Kanye West di tahun 2014, sehingga namanya berubah menjadi Kim Kardashian West. Kim dikenal sebagai sebagai fashion stylist dan pemilik butik Dash bersama dua saudari kandungnya.

Putri keempat dari Kris Jenner bernama Kendall Jenner telah menjelma menjadi supermodel dunia bersama Gigi Hadid. Kiprah terakhirnya yang cukup mencengangkan adalah terpilih sebagai salah satu malaikat cantik lingerie ternama Victoria’s Secret. Si adik bungsu Kylie berbibir indah dikenal dengan bisnis rambut palsu (wig) dan lipstik mutakhir (lip kit).

Si sulung Kourtney dikenal sebagai ibu dari 3 anak yang gemar interior design. Dan Khloe dikenal dengan hidup serba sehat dan aktivitas fitness-nya yang luar biasa ketat. Robert satu-satunya anak laki-laki keluarga Kardashian ini berbisnis kaos kaki dan Scott Disick ayah dari anak-anak Kourtney berbisnis otomobil mewah dan berbagai jenis minuman keras.

Mantan suami pemegang medali emas Olimpiade 1972 Bruce Jenner yang kini telah menjelma menjadi seorang perempuan transgender setengah baya bernama Caitlyn kini aktif sebagai advokat hak-hak kaum transgender di California. Ia juga berperan utama dalam seri televisi realitas “I am Cait” yang membeberkan kisah kehidupannya sebagai perempuan transgender.

Keunikan keluarga Kardashian-Jenner ini dipertontonkan ke seluruh dunia melalui layar televisi dan monitor komputer. Dan hebatnya, segala macam produk yang di-endorse mereka laris manis, termasuk parfum dan kosmetika yang menggunakan nama Kim dan Kendall. Kendall bahkan merupakan brand ambassador kosmetika Estee Lauder.

Salah satu produk khusus yang diproduksi atas nama mereka adalah Lip Kit by Kylie Jenner (http://lipkitbykylie.com) yang terjual habis hanya dalam beberapa menit saja pada tanggal 30 November dan 14 Desember 2015. Hanya dengan dipasarkan melalui akun Instagram yang di-follow oleh 46 juta orang dan Twitter 13 juta orang, puluhan bahkan ratusan ribu unit terjual sekejap. Di pasar sekunder, Lip Kit by Kylie dijual di eBay seharga ratusan USD, padahal harga retail hanya USD 30 per unit.

Kekuatan klan Kardashian-Jenner ini bisa dikuantifikasi dalam jumlah follower Twitter dan Instagram yang tampaknya telah mencapai lebih dari seratus juta (kombinasi semua akun). Bayangkan, apabila satu persen saja yang membeli produk yang di-endorse, satu juta unit akan terjual dalam sekejap. Kalikan dengan beberapa USD profit per unit, maka dalam sekejap mereka mengantongi jutaan USD.

Dalam salah satu wawancara televisi dengan Kris Jenner, sang bunda merangkap manager, ia mengakui bahwa kekuatan merek The Kardashians dan Kardashian-Jenner adalah “membisniskan sisi-sisi organik” setiap individu. Keluarga ini telah menjadi mesin publisitas. Apapun yang mereka lakukan, kenakan, makan, minum, nikmati, dan bicarakan pasti sampai ke telinga dan mata audiens.

Proses pemasaran terjadi secara alami dengan publisitas “organik” tanpa perlu melakukan hal-hal rumit. Cukup dengan disebutkan dalam akun Twitter dan Instagram saja. Tentu saja proses perjalanan menuju jumlah follower masif bukan proses yang singkat. Seri televisi Keeping Up the Kardashians dimulai di tahun 2008. Hingga akhir 2015, sebelas season telah diproduksi beserta beberapa seri derivatif.

Salah satu primadona publisitas tabloid dan televisi adalah putri dari ahli waris Hilton Hotels bernama Paris Hilton yang pernah sangat terkenal beberapa tahun lampau. Paris merupakan sahabat karib keluarga ini dan khususnya Kim.

Paris dikenal sebagai supermodel dan karakter seri televisi realitas pertama “The Simple Life” (2003-2007) yang diperankan bersama sahabatnya Nicole Richie, putri dari Lionel Richie. Seri ini merupakan inspirasi Kris Jenner dalam “menjual” citra keluarganya yang modern, ramai, demokratis, dan bersahabat dengan audiens.

Gaya publisitas organik momager Kris Jenner membutuhkan daya komunikasi istimewa. Santai namun berbobot. Kualitas dan karakter setiap individu tampak jelas bagi audiens dan masing-masing mewakili segmen pasar tersendiri. Kebaikan hati dan kasih antar anggota keluarga Kardashian-Jenner sangat kental terasa, terlepas dari derasnya argumen di antara mereka.

Konklusinya, setiap individu mempunyai daya jual tersendiri berdasarkan pasar yang mampu diwakilinya. Apabila Anda memiliki akses ke media sosial dan platform komunikasi masal berbasis video, seperti YouTube, sebenarnya pemasaran organik telah terjadi.

Beberapa bintang YouTube seperti Gigi Gorgeous dan Michelle Phan berpenghasilan ratusan ribu hingga ratusan juta USD per tahun. Perusahaan sampling kosmetika Michelle Phan bernama Ipsy kini bernilai USD 500 juta.

Kuncinya adalah bagaimana mengenal apa yang diinginkan oleh pasar, sehingga konten yang disampaikan memberi masukan informasi maupun hiburan bagi mereka.

Ketika karakter telah tertanam di dalam lubuk hati audiens, bentuk dukungan pun dapat berubah menjadi proses membeli impulsif.

KONTAN DAILY, Jumat, 17 Juni 2016

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pin It on Pinterest

Share This