Select Page

success-450

Kontan Logo

[Download PDF KONTAN WEEKLY Bangun Sukses Sejak Pagi]

oleh Jennie M. Xue

Setiap pagi adalah kesempatan untuk mengulang sukses kemarin, membangun sukses baru, dan menikmati sukses sekarang. Dalam berbagai literatur tentang sukses, manajemen waktu, dan bagaimana mempertahankan sukses, ada satu benang merah yang nyata: pagi adalah waktu terpenting dalam merencanakan sukses.

Pagi memang merupakan periode penting dalam setiap hari. Sarapan pagi sebaiknya tidak terlalu kenyang namun padat protein dan karbohidrat secukupnya.

Dengan kata lain, bagaimana Anda mengisi waktu di pagi hari menentukan sukses hari itu dan kualitas hidup yang diharapkan.

Ada yang menyebut aktivitas-aktivitas di bawah ini sebagai “ritual.” Ada juga yang menyebutnya sebagai “kebiasaan.” Menurut penulis buku-buku inspirasional and how-to SJ Scott dalam Wake Up Successful, minimal ada 3 hal positif yang didapatkan dengan ritual pagi yang membangun sukses.

Pertama, mendapatkan energi ekstra. Sesuatu yang dijalankan secara teratur memberikan sinyal kepada tubuh dan psikis bahwa ini adalah sesuatu yang menjadi bagian diri sendiri. Dan semakin antusias dijalankannya, semakin besar feedback positif yang didapatkan.

Kedua, meningkatkan kesehatan. Kebiasaan positif membentuk kerangka bagi kepribadian dan karakter Anda. Dalam jangka panjang, ini memberikan kesempatan untuk membangun kesehatan yang lebih baik. Misalnya, dengan meluangkan 15 menit saja setiap pagi untuk berolah raga ringan, aliran darah bisa lebih lancar. Ini membantu daya kerja dan daya belajar yang penting untuk masa depan. Termasuk kesempatan untuk menjadi lebih sehat lagi.

Ketiga, mencapai gol besar dengan pencapaian bertahap. Dengan menyadari bahwa setiap 15 menit adalah waktu yang berharga dan mengisinya dengan aktivitas positif, Anda mengingatkan diri sendiri bahwa gol besar juga terdiri dari gol-gol kecil sepanjang 15 menit. Dalam satu hari ada 96 x 15 menit. Gunakan setiap 15 menit dengan baik.

Mengapa ritual positif penting artinya bagi sukses? Karena dengan mengerjakan ritual positif setiap pagi, Anda membentuk kebiasaan (habit) baru. Kebiasaan ini membentuk struktur hidup Anda. Dan menurut penelitian para psikolog, ritual baru yang dijalankan selama 30 hari berturut-turut akan menjadi kebiasaan alias “habit” rutin.

Agar bangun pagi hari dalam keadaan segar, tentu Anda perlu tidur cukup selama 7 hingga 9 jam per hari. Aturlah waktu sedemikian rupa sehingga kegiatan, tugas, dan rutinitas setiap hari tidak mengurangi waktu tidur Anda. Dengan kata lain, delegasikan hal-hal yang bisa diserahkan kepada orang lain atau kerjakan tugas-tugas harian Anda lebih cepat dan lebih akurat sehingga cukup waktu tersisa untuk tidur selama 7 sampai 9 jam per hari.

Usahakan makan malam sebelum jam 8, sehingga minimal ada beberapa jam sebelum mulai tidur. Selain itu, pastikan untuk tidak minum kopi atau minuman lainnya yang mengandung kafein tiga jam sebelum tidur. Juga pastikan tidak minum soda dan minuman lainnya yang mengandung gula. Glukosa dikenal menyebabkan hyperactivity bagi anak-anak. Demikian juga untuk orang dewasa.

Satu jam terakhir gunakan waktu untuk berdoa, bermeditasi, dan melakukan hening diri tanpa diganggu oleh suara dan lampu dari elektronik apapun, termasuk TV, radio, komputer tablet, dan telpon genggam. Matikan telpon genggam, Blackberry, dan aplikasi smartphone. Pasang komputer tablet dalam airplane mode sehingga notifikasi-notifikasi yang mengejutkan dipadamkan.

Usahakan untuk tidak terinterupsi ketika tidur di malam hari. Bagi penulis, ini berarti membatasi asupan air minum setelah jam 6 malam. Biarkan tubuh tidak terberatkan secara metabolis dengan mengolah makanan dan minuman ketika tidur.

Bagi yang kurang rutin berolah raga, gunakan waktu siang hari setelah makan siang untuk berjalan kaki di sekitar rumah atau kantor. Setelah selesai aktivitas jam 5 atau 6 sore, sisihkan lagi waktu 30 menit untuk berolah raga ringan misalnya berlari kecil di treadmill atau bermain barbel.

Usahakan sedapat mungkin untuk rutin berolah raga. Minimal 30 menit setiap hari. Jika Anda mempunyai gym membership, gunakan dengan sebijak mungkin setiap dua hari sekali. Lakukan cardio dan weight training dengan menyeluruh, sehingga setiap otot mempunyai kesempatan untuk meregang dan rileks. Kenali berapa kali detak jantung untuk usia Anda. Optimalkan detak jantung tanpa berlebihan.

Membangun sukses setiap pagi itu mudah. Intinya adalah disiplin diri, menjadikan aktivitas positif menjadi kebiasaan, dan mempersiapkan diri semalam sebelumnya untuk bangun dengan segar setiap pagi. []

KONTAN WEEKLY, 27 Juni – 3 Juli 2016

Subscribe to my English columns published in international publications and high-traffic blogs reaching millions of subscribers per month, such as Forbes, Business.com, Influencive, Good Men Project, and others. Also, you will be notified of free business ebooks published by the largest business ebook publisher in the world: BookBoon. 

 http://www.jenniferxue.com/subscribe

BUTTON SUBSCRIBE purple 300x100

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pin It on Pinterest

Share This