Select Page



[Download PDF KONTAN DAILY Lima Skill Terpenting Zaman Now]

oleh Jennie M. Xue

Perubahan iklim telah mengubah hampir segalanya, belum lagi inekualitas ekonomi global yang sangat terasa. Hidup di zaman now sangat banyak tantangannya, baik kita sadari maupun tidak.

Perubahan iklim telah membuat kondisi alam dunia semakin tidak menentu dan jatuh-bangun akibat natural disaster menjadi semakin umum. Inekualitas ekonomi telah mengubah struktur sosial-ekonomi dunia di mana strata kini hanya terbagi dua: yang satu persen di atas dan yang 99 persen di bawah. Bagi yang di bawah, semakin terasa kondisi ekonomi makro yang gampang turun naik tanpa peringatan apapun.

Untuk survive, jelas saja skill yang dibutuhkan juga telah banyak berubah. Ijazah dan gelar tidak lagi menentukan sukses, namun gabungan dari berbagai soft dan hard skills yang memadai lebih menjanjikan.

Satu, intelijensi emosional dan psikologis.
Gabungan kedua jenis intelijensi ini sangat menentukan kemampuan bertahan di era tidak menentu dan penuh ansietas. Bukan berarti Anda perlu cuek dan tidak perduli dengan membebalkan diri alias “numbing down” segala sesuatu, namun perlu mengasah kemampuan untuk self-care ketika enerji emosi dan psikis telah terpakai.

Intelijensi emosi dan psikis ini sangat mengandalkan kemampuan reframing dari sesuatu yang negatif dan merugikan diri sendiri atau orang lain menjadi kekuatan positif dan menguntungkan (tanpa merugikan orang lain). Perlu kematangan emosi, psikis, dan spiritual tanpa bersifat dogmatis dalam aplikasinya.

Dua, pitching alias menawarkan sesuatu dengan jitu.
Pitching skill sangat penting dalam menggolkan suatu proyek atau penawaran, termasuk dalam mencari kerja atau bisnis. Ini termasuk komunikasi verbal dan tertulis yang dapat meyakinkan orang lain. Dengan kekuatan pitching yang baik, bisa dipastikan karir atau bisnis dapat meningkat secara optimal.

Tiga, coding alis memprogram komputer atau membangun situs web.
Kemampuan berbahasa komputer dengan berbagai bahasa programming, termasuk yang human-friendly, akan sangat membantu dalam mempromosikan bisnis atau karir eksekutif. Minimal, ketidakgaptekan akan sangat membantu dalam berkomunikasi dengan programmer dan memahami cara kerja dunia digital termasuk pola pikir pengguna awam dan teknikal.

Empat, bahasa Inggris dan satu bahasa lainnya.
Ini jelas sangat membantu dalam berkomunikasi dengan berbagai bangsa di era hyper global ini. Dalam dunia Internet, bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar utama. Jadi, jika Anda menguasainya, maka dunia tidak akan terasa bersekat sama sekali dan kesempatan akan semakin terbuka.

Lima, membaca pola secara analitis dan membuat shortcut darinya.
Tentu ini sangat membantu dalam mencari kesempatan maupun dalam mengatasi masalah dengan memberi solusi. Kemampuan analitis tentu saja perlu diasah setiap hari. Bahkan setiap saat.

Beberapa cabang ilmu seperti Ekonomi dan Ilmu-ilmu Sosial lainnya mengasah kemampuan ini. Coba kenali bagaimana metode penilian akademis dapat ditransfer dalam pola pikir analitis yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis sendiri sangat menyukai “membaca pola” baik dalam lingkup super mikro (antar individu) hingga makro (antar negara). Untuk ini, tentu perlu membaca banyak sekali buku bermutu yang “membuka pikiran” serta update berbagai cabang ilmu dan tren-tern terkini.

Dari kelima skill terpenting zaman now, meningkatkan intelijensi emosional dan psikis merupakan yang paling menantang karena sangat erat dengan bagaimana seseorang dibesarkan, trauma-trauma masa lalu, dan lingkungan masa lalu dan terkini. Juga, kultur tempat tinggal dan tempat bekerja sangat menentukan bagaimana kepribadian seseorang berkembang.

Kuncinya adalah kesadaran dengan mindful akan setiap tindakan dan ucapan kita. Usahakan untuk selalu berpikir dan bertindak positif dalam setiap kesempatan, seburuk apapun kondisinya. Ingatlah bahwa satu aksi atau peristiwa negatif hanya dapat dinetralisir dengan tiga aksi atau peristiwa positif.

Akhir kata, skill terpenting untuk survive di era Darwinisme digital ini membutuhkan kesiapan emosi, psikis, dan teknikal yang adaptif dan fleksibel. Jalankan hidup dan karir secara optimal sambil terus membaca pola-pola di sekitar Anda. Dunia memang berubah pesat setiap hari, namun ini bukan berarti Anda perlu kawatir berlebihan. Sepanjang lima skill utama Anda kuasai, niscaya ada “default state” yang dapat memberi ketenteraman batin untuk produktif.[]

KONTAN DAILY, Jumat, 31 Januari 2020

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pin It on Pinterest