Select Page

office-empty450

Kontan Logo

[Download PDF KONTAN Weekly Crowdfunding Sejuta Dollar]

oleh Jennie M. Xue

Crowdfunding (CF) adalah proses fund raising alias penggalangan dana yang melibatkan banyak pihak dan biasanya dilakukan melalui situs-situs Internet seperti Kickstarter dan Indiegogo. Ada beberapa proyek yang didanai oleh crowdfunding ini yang meledak dan menghasilkan jutaan dollar USD dalam sekejap.

Di Silicon Valley, CF sudah mulai memasuki arus utama (mainstream). Semakin banyak startup yang memulai nafas dengan ber-CF secara proaktif dan kreatif. Di tahun 2013 saja, situs-situs yang memberikan platform bagi kampanye CF telah menggalang USD 5,1 miliar. Contohnya, Byliner.com dan Shebooks.net yang bergerak di dunia digital publishing hanya mengandalkan CF untuk menggalang kapital awal mereka.

Growth CF di tahun 2014 sebesar 92 persen. Data terakhir sedang dikumpulkan. Proyeksi growth di tahun 2015 ini lebih dari angka terakhir. Terhitung 2013, CF dan situs-situs pengelola kampanye CF telah dilegalkan oleh Presiden Obama sehingga aturan main telah baku dan ketat lengkap dengan audit oleh pemerintah.

Beberapa kampanye CF paling sukses hingga saat ini menurut majalah Forbes berikut ini. Pebble E-Paper Watch berhasil menggalang lebih dari USD 10 juta dalam 37 hari. Gaming community open-source Ouya berhasil menggalang USD 8,5 juta dalam 29 hari dan merilis produk mereka dalam 10 bulan.

Bitvore, aplikasi yang memberikan jawaban atas dilema big data sehingga monitor dan analisis bisa dilakukan dengan mudah memperoleh USD 4,5 juta. Headphone wireless yang dikenakan di dalam telinga bernama Dash berhasil mengumpulkan USD 3,4 dalam 50 hari. Dan demam 3D printer dibuktikan dengan CF Formlabs di Kickstarter yang berhasil mengumpulkan USD 3 juta dalam satu musim semi saja.

Di Indonesia, situs KitaBisa.co.id dan AyoPeduli.com merupakan dua pengelola CF yang cukup berhasil. Niche yang dipilih adalah kegiatan-kegiatan sosial dan berbagai sumbangan sosial misalnya pembiayaan rumah sakit bagi pasien kurang mampu dan pendidikan anak terlantar.

Crowdtivate.com yang berbasis di Singapura membidik penggalangan dana bagi para entrepreneur yang memerlukan tambahan kapital. StarHub dan Indosat Digital terlibat dalam pengelolaannya.

Sebenarnya semudah membalikkan telapak tangankah menggalang dana dari CF itu? Perlu persiapan sungguh-sungguh. Dan perlu diingat bahwa kontributor suatu kampanye CF bukanlah investor atau pemegang saham yang mendapatkan dividen atau profit sharing.

Kontributor CF adalah seorang fan yang percaya akan kapasitas Anda dalam mewujudkan produk dan produk tersebut memang pantas untuk diproduksi secara masal. Jadi, seorang kontributor CF adalah seorang “sahabat” satu pikiran dengan Anda.

Pertama, prototip produk telah ada sehingga bisa dibuatkan video singkat mengenai desain, cara kerja, dan fitur-fiturnya. Baik produk fisik maupun produk virtual, prototip sangat penting untuk membentuk impresi dan kepercayaan kontributor.

Dua, riset market telah selesai, sehingga detil hasil studi bisa dipaparkan dengan gamblang. Lakukan persuasi dengan angka-angka statistik dari industri yang dibidik dan gunakan gaya bahasa obyektif dan otoritatif. Numbers don’t lie. Angka tidak berbohong.

Tiga, rekam video, audio, dan desain kampanye secara profesional dan teliti. Logo produk dan perusahaan harus unik dan tampak profesional, bukan amatiran. Berikan kesan bahwa Anda serius dalam menggarap dan mendistribusikan produk yang dijanjikan.

Empat, branding digarap dengan serius. Apabila Anda punya personal brand yang kuat, tampilkan pula diri Anda dalam bentuk berbagai pernyataan dan daftar keberhasilan bisnis di masa lalu. Unique Value Propositions (UVP) sebaiknya dipikirkan dengan matang sehingga nilai produk jelas terbaca oleh calon kontributor. Pastikan unik dan membumi.

Lima, rancang program “balas budi” kepada kontributor dengan mendetil dan fair. Misalnya, dengan mengkontribusi IDR 100 ribu, kontributor mendapatkan sekian kopi buku atau satu produk yang setara. Semakin tinggi nilai kontribusi, semakin tinggi pula nilai “balas budi.”

Akhir kata, kampanye CF bisa dipersiapkan dalam waktu satu hingga tiga bulan tergantung jumlah jam yang dimasukkan untuk proyek tersebut. Sebaiknya Anda lakukan secara disiplin satu demi satu sambil memilih platform CF yang sesuai. Selamat menggalang dana.[]

KONTAN Weekly, 6-12 April 2015

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pin It on Pinterest

Share This