Select Page

[Download PDF KONTAN WEEKLY Bangun Bisnis Berefek Besar]

oleh Jennie M. Xue

Bisnis kreatif berpotensi luar biasa. Dengan situs dan aplikasi smartphone yang didesain untuk fungsi-fungsi jitu tertentu, sebuah bisnis berdampak besar sangat mungkin dilahirkan. Dan ini hanya perlu diawali dengan benih ide sederhana.

Mungkin Anda sendiri pernah mempunyai ide bisnis namun “keduluan” orang lain. Tetaplah optimis karena kesempatan selalu akan ada lagi. Sir Richard Branson menyebut kesempatan sebagai “stasiun bis” yang selalu akan datang dan pergi.

Faktanya, bisnis-bisnis besar selalu dimulai dengan benih-benih simpel. Ini merupakan rahasia sukses terpenting dalam dunia bisnis yang sering kali diabaikan. Terlalu banyak bisnis dimulai hanya karena ingin dapat untung besar dan cepat.

Google, misalnya, diawali dengan ide mengorganisir World Wide Web agar informasi dapat dengan mudah dicari. Dropbox diawali dengan ide drive portabel yang dapat diakses dari mana saja. AirBnB diawali dengan ide menyewakan kasur di apartemen sebagai tempat beristirahat murah meriah dalam perjalanan.

Dari tiga contoh di atas, tampak jelas bahwa mencari keuntungan alias “profit” bukanlah tujuan utama mereka. Ide sederhana bisa miliaran dollar tersebut diawali dengan harapan membantu. Purpose driven, bukan profit driven.

Anda tidak perlu menjadi seorang religius untuk mengenal tujuan hidup. Dalam bisnis, Anda tidak perlu menjadi seorang pebisnis sekaliber Bill Gates untuk mengenal tujuan bisnis Anda.

Cukup lakukan introspeksi dan refleksi. Catat ide-ide tersebut ketika datang. Jangan ditunda, karena biasanya akan terlupakan. Anda dapat dengan mudah merekam ide-ide dengan aplikasi voice record di telpon genggam atau menuliskannya di aplikasi Evernote.

Beberapa poin yang dapat digunakan untuk brainstorming ide-ide bisnis simpel yang berdampak luar biasa.

Apa yang sangat dibutuhkan oleh dunia? (Atau negara? Kota? Wilayah? Lingkungan tempat tinggal?)
Dari kegemaran-kegemaran Anda, apa saja yang masih belum ditemukan elemen produk atau servis yang memberi nilai tambah?

Dari sedemikian banyak produk yang Anda gunakan, apa saja yang belum sempurna? Bagaimana talenta atau keahlian Anda mampu menyempurnakannya?

Dari sistem-sistem bisnis yang ada, apa saja yang kurang memuaskan bagi Anda? Bagaimana ini dapat diperbaiki?

Anda sendiri sebagai pencetus ide, pasti memiliki segudang keahlian, ketrampilan, talenta, dan minat serta kegemaran yang mampu dimonetisasi. Kuncinya adalah mengenali setiap gelintir aset karakter dan aset diri.

Sebagaimana setiap bagian bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay yang berlapis-lapis, manusia pun mempunyai berbagai lapisan diri yang dapat dipisahkan. Kenali dan lakukan inventori diri secara mendetil.

Dengan sedikit entrepreneurship, Anda dapat mendirikan satu bisnis mikro berbasis satu kapital diri. Jadi, jika Anda senang memasak, menari jazz, dan melukis, misalnya minimal Anda bisa memulai tiga jenis bisnis terpisah.

Dave Morin sang pendiri Path dan salah satu pegawai ketika Facebook baru didirikan, misalnya, sangat yakin akan kekuatan “slow product movement.” Istilah ini mempunyai arti bagaimana suatu produk dibangun dengan praktek kesadaran akan fitur dan fungsi yang mampu bergulir di kemudian hari, bukan semata-mata untuk dimonetisasi secepat kilat.

Setiap bisnis yang berdampak besar pada ujungnya mempunyai purpose sederhana namun sangat dibutuhkan. Ini terkadang membutuhkan waktu cukup lama untuk dimatangkan. Lakukan saja dengan tenang tanpa terburu-buru.

Selain menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas dan mengenali inventori diri, proses belajar sambil bermain dan siap melakukan kesalahan setiap hari merupakan motor penggerak penting. Mulailah dengan mempelajari bagaimana cara kerja produk dan bisnis favorit Anda yang kelihatannya “sepele” namun berarti.

Kupas satu per satu elemennya dan catat dengan seksama. Latih diri Anda dan tim sebagai mesin pembelajar. Lakukan berbagai eksperimen dan A/B testing. Catat setiap eksperimen dan tes, sehingga apa yang benar atau salah dapat diulang kembali ketika diperlukan.

Bisnis kreatif tidak mempunyai batas. Anda dapat ekspresikan secara digital dengan miliaran permutasi. Kuncinya adalah mencari dan memilih purpose yang tepat, dicari, dan dibutuhkan. Pelajari dan catat dengan seksama.

Lantas, kumpulkan keberanian untuk mewujudkannya. Lakukan dengan derap cepat atau slow movement tanpa terbeban. Niscaya bisnis berdampak besar yang Anda dirikan dapat dimulai dengan lancar.[]

KONTAN WEEKLY, 26 Desember 2016 – 1 Januari 2017

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pin It on Pinterest

Share This