Select Page

Image Source: Oprah.com


[Download PDF KONTAN DAILY Kekuatan Merek-Merek O dan Oprah]

oleh Jennie M. Xue

O adalah majalah yang diterbitkan oleh Oprah Winfrey. OWN adalah singkatan dari Oprah Winfrey Network. Dan Oprah adalah nama kesayangan Oprah Winfrey, pemilik perusahaan broadcasting OWN, talk show host kesayangan dunia, dan filantropis raksasa.

Dalam kesederhanaan, Oprah kecil adalah seorang anak yang hidup dalam kemiskinan dengan neneknya. Dunia broadcasting televisi awalnya dibidik Oprah sebagai simbol pemberontakan terhadap keterbatasan ekonomi yang dihadapinya.

Ia kemudian dikenal sebagai Ratu Talk Show dan seorang aktris berkaliber Piala Oskar dan Golden Globe dengan film The Color Purple yang disutradarai oleh Steven Spielberg. Ia kemudian juga dikenal sebagai produser eksekutif berbagai film bertema kemanusiaan seperti Beloved karangan Toni Morrison.

Hebatnya, Nona Winfrey ini termasuk segelintir miliarder dunia berkulit hitam dan perempuan. Ia menjadi jutawan USD di usia muda 32. Di usia 41, ia punya net wortk USD 340 juta.

Di tahun 2000, ia beraset USD 800 juta dan warga AS berkulit hitam terkaya di abad ke-21. Terhitung 2008, penghasilan per tahunnya mencapai USD 275 juta. Di tahun 2014, total asetnya mencapai USD 2,9 miliar.

Apa saja merek dagang milik Oprah? Harpo Productions (Harpo Studios), Harpo Inc., Harpo Print, Harpo Films, Harpo Radio, dan OWN. Harpo Films dan Harpo Radio telah ditutup. OWN kini sebagian sahamnya juga dikuasai oleh Discovery Communications.

Oprah juga dikenal bekerja sama dengan Weight Watchers slimming center. Kolaborasi ini ternyata menaikkan saham kepemilikannya dari USD 43 juta menjadi USD 294 juta, setelah Oprah berhasil menurunkan berat badan 40 pon.

Terhitung Agustus 2017, Oprah bekerja sama dengan Kraft Heinz dalam menyajikan comfort food O, That’s Good! berbentuk sup dan side dish seharga sekitar USD 4.50 hingga USD 5. Makanan sehat siap saji ini dijual di supermarket-supermarket ternama.

Sebagai jurnalis, ia telah menelurkan 5 buku, termasuk buku penurunan berat badan dan memoar. Sebagai aktivis, ia menginisiasi “Oprah’s Child Predator Watch List” alias daftar predator anak online. Oprah.com menerima 70 juta page views per bulan oleh 6 juta pengguna.

Nama dan rupa Oprah Winfrey telah sangat populer dan sangat menjual. Tua muda, miskin kaya, hitam putih, laki perempuan, dan demokrat republikan, dan dari berbagai negara dan latar belakang, semua terkesima dengan nona hitam manis ini. Apa strategi suksesnya dalam karir dan bisnis?

Satu, transparansi dan ketulusan.
Ini sangat jelas terbaca dari setiap gerak-geriknya. Dan ini menjadikannya ikon favorit pembangun jembatan baik dalam isu-isu sosial maupun pengembangan pribadi.

Tidak jarang Oprah tampil tanpa makeup sama sekali dalam shooting dokumentasi di belakang layar tentang kehidupan pribadinya. Para selebritis tidak banyak yang berani “tampil tanpa gincu.” Namun Oprah berani dan tulus.

Dua, kedekatan isu, hati dan pikiran dengan pemirsa, pembaca, dan konsumen.
Salah satu kelebihan Oprah adalah skill berkomunikasi yang banyak mendengarkan dan bertanya secara cerdas dan baik hati. “Baik hati” di sini sangat penting, mengingat ada talk show host yang hanya mengutamakan “kelihatan pintar” namun terlalu memojokkan.

“Kedekatan” merupakan faktor penting dalam pengambilan keputusan akan produk-produk yang akan dilontarkannya ke pasar. Mirip dengan Warren Buffett, yang memilih produk-produk yang dimengertinya, demikian juga Oprah.

Tiga, memutarbalikkan “kekurangan” menjadi “kelebihan.”
Oprah dikenal dengan berat badan yo-yo, alias naik turun. Jadilah ia brand ambassador Weight Watchers slimming center. Ia juga dikenal dengan masa kecil yang miskin papa, jadilah ia seorang inspirator dan filantropis kelas dunia.

Ia tidak malu, apalagi takut dengan segala kekurangannya. Malah, itu semua menjadi “kelebihan” dan USP (unique selling proposition).

Terhitung tahun 2004 hingga 2011, Oprah termasuk salah satu dari 100 insan paling berpengaruh di dunia. Luar biasa, mengingat kondisi miskin papa ketika ia dilahirkan dan dibesarkan.

Kredibilitas Oprah sebagai pribadi unggulan melampaui kredibilitas seorang presiden dari negara manapun. Bisa dimengerti apabila suatu hari ia berkampanye untuk menjadi presiden AS dan memenangkannya.

Karya-karya filantropinya pun sangat mengagumkan. Oprah’s Angel Network telah bekerja keras mengumpulkan lebih dari USD 80 juta yang disumbangkan kepada para korban bencana alam, anak-anak terlantar, dan pendidikan anak-anak perempuan.

Insan multitalenta ini sungguh luar biasa. Dengan kegigihan dan kebesaran hati, ia berhasil membangun lebih dari sekedar merek-merek yang stabil. Namun inspirasi bagi semua orang yang selalu mengalir deras.[]

KONTAN DAILY, Jumat, 19 Januari 2018

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pin It on Pinterest